Gaya Hidup

Cowok-Cewek yang Alami Gangguan Berkemih. Simak Perbedaan Penyebabnya

INDOPOSCO.ID – Gangguan berkemih yang salah satu manifestasinya dapat mengompol (inkontinensia) pada pria ataupun wanita dapat diakibatkan sejumlah hal berbeda, menurut Dr dr Nur Rasyid, SpU (K) dari Departemen Medik Urologi FKUI-RSCM.

Pria mempunyai prostat serta klep yang terletak tidak jauh dari kandung kencingnya. Klep ini diatur otonom oleh tubuh bukannya oleh otak seperti pada organ lainnya. Sedangkan wanita memiliki otot-otot dasar panggul yang berfungsi sebagai klep.

“Jadi, bedanya pada wanita dan pria, jika pria gangguan yang terjadi pada kandung kencing dapat diakibatkan masalah yang terjadi pada prostat, berlangsung lama. Jadi, jika bicara gangguan berkemih pada pria, mengompol, buru- buru mau buang air kecil, bolak- balik berkemih di malam hari, kita harus evaluasi secara keseluruhan,” ucap dia dalam sebuah webinar kesehatan, Jumat (20/8/2021).

“Jika pada wanita, lebih banyak otot dasar panggulnya yang lemah, kandung kencingnya yang kontraksi tiba- tiba atau karena kandung kencing yang lemah,” tutur Rasyid melanjutkan.

Gangguan berkemih atau Lower Urinary Tract Symptoms (LUTS) merupakan kumpulan gejala berkaitan dengan proses berkemih yang dipicu masalah pada saluran kemih bawah termasuk kandung kemih, prostat, sfingter uretra, serta uretra.

LUTS terbagi atas 3 jenis gejala yaitu penyimpanan (storage), pengosongan (voiding), serta post-micturition. Mengompol merupakan salah satu bentuk gejala LUTS berkaitan dengan proses penyimpanan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button