Gaya Hidup

Ini Perbedaan Beser dan Mengompol

INDOPOSCO.ID – Beser dan mengompol termasuk dua masalah yang bisa dialami siapa saja mulai dari anak-anak hingga lansia, ungkap Prof. Dr. dr. Siti Setiati, Sp. PD, KGer, M. Epid dari Divisi Geriati Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM.

Beser (overactive bladder atau OAB) merupakan gangguan fungsi berkemih atau gangguan penyimpanan urin di kandung kemih yang ditandai keinginan berkemih tak tertahankan, tiba-tiba dan diikuti berkemih berkali-kali. Dari sisi frekuensi berkemih, mereka yang beser bisa buang air kecil 8 kali atau lebih dalam 24 jam. Padahal, orang normal biasanya 4-5 jam sekali atau maksimal 6 kali dalam sehari.

Sementara mengompol (inkontinensia) yakni kondisi ketika seseorang tidak dapat menahan atau mengendalikan keluarnya urin dan ini umumnya kelanjutan dari OAB.

“Masalah besar dan ngompol bukan pada lansia saja, lintas umur. Beser itu belum sampai mengompol, kalau mengompol kelanjutan beser,” ujar Prof. Siti dalam sebuah edukasi media secara virtual, Kamis (19/8), dikutip dari Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button