Gaya Hidup

Strategi Adaptasi dan Transformasi Lakon Wayang Sesaji Raja Suya

INDOPOSCO.ID – Kesenian merupakan produk kebudayaan Tanah Air yang perlu terus dikembangkan sesuai dengan konteks zaman dengan menjadikan masa lalu sebagai titik berangkat, termasuk kesenian pewayangan.

Di antaranya artikel pengembangan dari tesis transformasi konsep kekuasaan dalam Adaptasi Sabha-parva ke Lakon Wayang Sesaji Raja Suya karya Ki Purbo Asmoro yang mendapatkan penghargaan Nusantara Academic Award 2020.

Penulis atau Pemenang Nusantara Academic Award 2020, Dhianita Kusuma Pertiwi mengatakan, lakon ini akan membahas tentang strategi adaptasi dan transformasi lakon wayang Sesaji Raja Suya dalam konteks pengembangan seni tradisi di Indonesia.

Dari keseluruhan cerita yang ada, lakon wayang Sesaji Raja Suya hanya mengadaptasi kisah persiapan dan pelaksanaan upacara rajasuya yang merupakan upacara penobatan raja sebagai pemimpin agung yang menuntut persiapan rumit, berlangsung dalam jangka waktu panjang, serta mendatangkan banyak tamu sebagai saksi ritual.

“Upacara ini menjadi bagian dari praktik pemerintahan kerajaan India Kuno pada periode pra-Weda,” ujarnya, Selasa (9/3/2021).

Peninggalan sejarah kerajaan nusantara tidak menunjukkan pernah dilakukannya rajasuya oleh raja Jawa di masa lalu. Tapi, Sesaji Raja Suya merupakan salah satu lakon wayang purwa yang populer sampai hari ini, terbukti dengan masih cukup sering dipentaskanya lakon tersebut, khususnya pada momentum peringatan ulang tahun organisasi atau institusi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button