Gaya Hidup

Ikan Bandeng, Sajian Khusus yang Muncul Jelang Imlek di Rawa Belong

INDOPOSCO.ID – Banyak masyarakat yang mengenal Pasar Rawa Belong hanya sebagai pusat penjualan beragam bunga dan kembang. Namun, ada satu hal yang jarang orang ketahui tentang kawasan Pasar Rawa Belong, khususnya menjelang Hari Raya Imlek.

Ya, setiap menjelang perayaan Hari Raya Imlek, banyak pedagang yang menjajakan ikan bandeng. Adapun bandeng yang dijual jelang Imlek oleh para pedagang di kawasan tersebut berukuran cukup besar, tidak seperti biasanya. Untuk harga, bandeng yang berukuran sedang hingga jumbo dijual dengan harga mulai dari Rp80 ribu hingga Rp500 ribu.

Tak hanya warga Tionghoa saja yang membeli bandeng, melainkan warga asli Betawi khususnya di sekitaran kawasan Pasar Rawa Belong turut berjubel membeli ikan tersebut khususnya mendekati Hari Raya Imlek.

Jelang perayaan Imlek 2571, warga Betawi banyak yang beramai-ramai membeli bandeng untuk diberikan kepada sanak saudara, khususnya orang tua mereka untuk disantap di malam perayaan Imlek. Tradisi tersebut merupakan simbol kasih sayang kepada orang tua dan keluarga serta untuk mempertahankan tradisi.

“Jaman dulu kan orang tua kite (kita) suka bandeng, jadi kite nggak ngilangin tuh tradisi jaman dulu orang tua kite. Kalo bukan kite siapa lagi? Anak-anak sekarang mana tau bandeng pasar malem apa,” ujar salah satu pembeli asli Betawi seperti dikutip dari kanal YouTube yang diunggah ulang Link Cell belum lama ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button