Gaya Hidup

Tips Tetap Bugar saat Musim Hujan

INDOPOSCO.ID – Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa sebenarnya air hujan bagus untuk kesehatan. Sejatinya memang air hujan baik untuk tubuh, tak hanya itu beberapa penelitian juga memanfaatkan hujan untuk diolah menggunakan teknologi tepat guna untuk sumber air bersih.

Hal ini membuktikan bahwa karakteristik air hujan sebenarnya memiliki sifat yang tak jauh berbeda dengan air tanah, air alami yang dihasilkan oleh alam. Namun tentu air hujan yang langsung jatuh dari langit.

Namun seringkali saat musim penghujan tiba, kita seringkali terserang penyakit. Beberapa penyakit yang mudah menyerang di musim hujan antara lain, penyakit yang disebabkan virus (flu, demam berdarah dan muntah), bakteri dan parasit (diare, disentri, cacingan), jamur kulit, asma, serta hidung tersumbat.

Perubahan cuaca membuat tubuh menjadi rentan terserang penyakit-penyakit tersebut. Ada beberapa cara sehat agar tidak mudah terserang penyakit di musim hujan, dikutip dari promkes.kemkes

Rajin Olahraga
Kesibukan seharusnya tak jadi alasan seseorang malas berolah raga. Tak hanya untuk mencegah terserang penyakit saat terjadi perubahan cuaca, olah raga juga menjadi bekal saat tubuh kita tak lagi mampu secara optimal menghasilkan imunitas seperti saat kita muda.

Kita dapat meluangkan waktu untuk berolahraga ringan stretching, jalan cepat, loncat-loncat. Bahkan di tempat kerja pun kita bisa menyiasati kebutuhan olahraga dengan menggunakan tangga sesering mungkin atau lebih sering berjalan kaki. Hal ini membantu tubuh kita untuk sedikit berkeringat dan menjaga agar tetap hangat saat kondisi sedang hujan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button