Telkom Hadirkan UMK Digital Fest 2025, Buka Jalan UMKM ke Pasar Global

INDOPOSCO.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) hadirkan gelaran UMK Digital Fest 2025 dengan tema “Empowering MSMEs through Digital Transformation” untuk mendukung pertumbuhan dan daya saing pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri.
Direktur Human Capital Management Telkom Henry Christiadi menegaskan bahwa digitalisasi merupakan kunci akselerasi bagi UMKM untuk naik kelas dan berkontribusi lebih besar dalam perekonomian nasional.
“Melalui inisiatif seperti UMK Digital Fest ini, Telkom ingin memastikan bahwa transformasi digital menjadi peluang yang inklusif, tidak hanya menjadi milik pelaku usaha besar, tetapi juga dirasakan oleh UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia,” ujar Henry dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin.
Acara di Vertical Garden Telkom Landmark Tower, Jakarta ini menjadi bagian dari rangkaian tahunan pembinaan UMKM Telkom yang telah berjalan sejak 2002.
Hingga kini sebanyak 88.251 UMK telah menjadi binaan Telkom melalui berbagai program seperti Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), Rumah Kreatif BUMN, dan Rumah BUMN.
Adapun seluruh pembinaan ini mengacu pada kerangka kerja 4GO: Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global dengan misi mendorong transformasi menyeluruh dari sisi operasional hingga ekspansi pasar global.
UMK Digital Fest 2025 menjadi wujud kontribusi Telkom yang sejalan dalam mendukung visi Danantara Indonesia sebagai pengelola investasi strategis nasional.
Sebagai inisiatif Sovereign Wealth Fund, Danantara mendorong UMKM untuk naik kelas dari mikro ke makro, agar terhubung dengan ekosistem investasi dan pembangunan nasional. Melalui digitalisasi, peningkatan kompetensi, dan perluasan pasar, Telkom memperkuat peran UMKM sebagai fondasi ekonomi komunitas.
Sejalan dengan peran sebagai BUMN, Telkom senantiasa mendukung transformasi sektor riil menuju Indonesia yang lebih inklusif, makmur, dan berdaya saing global.
UMK Digital Fest 2025 berlangsung selama tiga hari (29–31 Juli 2025) dan menghadirkan berbagai agenda seperti bazaar UMKM, talkshow, demo solusi digital, workshop fotografi, serta pelatihan kecerdasan buatan (AI).
Sebanyak 35 pelaku UMKM dari sektor makanan dan minuman lokal turut meramaikan bazaar, sementara lebih dari 100 audiens pelaku UMKM mengikuti sesi talkshow dan pelatihan setiap hari.
Pada kesempatan ini, Telkom juga secara resmi meluncurkan portal www.UMKdigital.id sebagai pusat informasi, edukasi, serta etalase digital produk UMKM binaan serta diharapkan dapat menjadi sarana kolaboratif untuk mendorong pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan.
Sejumlah program unggulan turut diperkenalkan kembali dalam gelaran ini, antara lain Packfest, yaitu bantuan 1,2 juta kemasan modern untuk 1.500 UMK agar bisa bersaing di pasar ritel, HalalFest yang telah memberikan 2.676 sertifikasi halal bagi pelaku UMKM, serta digitalisasi operasional melalui 8.293 aplikasi kasir dan onboarding 10.478 UMKM ke platform digital seperti PADI UMKM.
“Telkom memiliki mimpi besar agar UMKM Indonesia tak hanya naik kelas, tapi juga mampu bersaing di pasar global, karena kami percaya, Maju UMKM-ku, Maju Indonesia-ku. UMKM Bisa!,” tutup Henry. (srv)