Ekonomi

Holiday Sale 2025 Diresmikan, Dorong Ritel dan UMKM Tembus Pasar Modern

INDOPOSCO.ID – Semarak belanja nasional resmi dimulai! Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menggelar kick-off program Holiday Sale 2025, inisiatif besar yang menyatukan semangat promosi, pemberdayaan UMKM, dan kebangkitan sektor ritel Indonesia.

Digelar selama sebulan penuh mulai 13 Juni hingga Juli 2025, program ini ditargetkan membukukan transaksi hingga Rp 60 triliun, melibatkan ratusan jaringan ritel modern, pusat perbelanjaan, hingga pelaku usaha kecil dari seluruh penjuru negeri.

Acara peluncuran berlangsung meriah di Indomaret Fresh Drive Thru Pahlawan Seribu, BSD City, Tangerang Selatan (Tangsel) disaksikan langsung oleh para tokoh kunci nasional seperti Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo dan juga Ketua Umum Aprindo, Solihin. Perwakilan Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga hadir, memperkuat komitmen sinergi antara pemerintah dan industri.

Mengusung tema “Retail Revival: Local Roots, Global Moves”, Aprindo menegaskan bahwa gerakan ini bukan hanya soal diskon, melainkan tentang membangkitkan sektor ritel dari akarnya yang lokal dengan visi menembus pasar global.

“Melalui keterlibatan aktif ritel nasional dan daerah, kegiatan ini menawarkan diskon menarik dan berbagai gimmick promosi untuk menarik minat belanja masyarakat,” ujar Ketua Umum Aprindo Solihin, Jumat (13/6/2025).

Salah satu momen spesial peluncuran adalah live streaming nasional yang menghubungkan para menteri dengan gerai ritel dari berbagai daerah, seperti Alfamart Solo, Indomaret Bali, Indogrosir Gorontalo, Kaisar Mart Pontianak, hingga Ramayana Kupang. Kehadiran mereka menjadi simbol semangat gotong royong lintas wilayah dalam menggerakkan ekonomi ritel.

Tak hanya transaksi, Holiday Sale 2025 juga menghadirkan panggung bagi para pelaku UMKM. Sebanyak 30 UMKM binaan Aprindo di Tangerang Selatan turut tampil, termasuk showcase kuliner dari dua mitra lokal. Selain itu, 60 UMKM finalis UMKM Pangan Award ikut serta dalam pameran untuk memperkenalkan produk unggulan mereka ke jaringan ritel modern.

Puncaknya, deklarasi komitmen empat kementerian dan Bapanas menegaskan keseriusan pembinaan UMKM secara berkelanjutan. Kolaborasi lintas sektor ini menjadi tonggak penguatan produk lokal untuk menembus pasar modern melalui skema business matching.

Di era digital, tak ketinggalan pula peran teknologi. Aprindo menggandeng Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemenkomdigi) dan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memantau antusiasme publik melalui dashboard nasional, serta meluncurkan kampanye digital bertajuk “Gerakan Belanja Nasional” guna membangun kesadaran akan pentingnya mendukung produk dalam negeri.

“Dengan Holiday Sale 2025, Aprindo berharap ritel Indonesia tidak hanya menjadi sektor konsumsi terbesar dalam struktur PDB nasional, tetapi juga menjadi penggerak utama dalam transformasi ekonomi inklusif yang berbasis pada pemberdayaan produk lokal dan kemitraan berkelanjutan antara pelaku besar dan kecil,” tambah Solihin.

Holiday Sale 2025 menjadi bagian dari perjalanan menuju Hari Ritel Nasional (HRN) 2025 yang akan diperingati pada 11 November 2025. Rangkaian agenda HRN tahun ini mengangkat semangat transformasi ritel yang inklusif dan berbasis digital, termasuk pelatihan daring untuk UMKM, expo, hingga kurasi produk lokal selama periode Juni hingga Desember 2025. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button