Ekonomi

PLN NP Services, Lebih 20 Tahun Mendukung Ketenagalistrikan di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Perusahaan Listrik Negara Nusantara Power (PLN NP) menjadikan anak perusahaannya sebagai kekuatan dalam mendukung pengembangan bisnis dan layanan jasa bidang pembangkitan listrik di Indonesia maupun mancanegara. Keunggulan kompetensi di bidang operasi dan pemeliharaan pembangkit dijadikan peluang usaha untuk dikembangkan lebih lanjut melalui pembentukan anak perusahaan bernama PJB Services pada 30 Maret 2001.

Seiring dengan transformasi subholding di tubuh PLN NP, anak perusahaan tersebut kemudian pada 2 Januari 2024 telah melakukan rebranding menjadi PLN Nusantara Power Services (PLN NPS).

PLN NPS pada awalnya hanya fokus pada bidang jasa pemeliharaan pembangkit listrik. Seiring perkembangan, perusahaan dengan kepemilikan saham 99 persen milik PLN NP dan 1 persen milik Yayasan Kesejahteraan PT PJB tersebut berkembang menjadi perusahaan yang berkecimpung dalam jasa operasi dan pemeliharaan pembangkit listrik.

“Keberadaan PLN NPS bukan hanya mendukung pengoperasian dan pemeliharaan unit pembangkit PLN Group tapi juga perusahaan pembangkit swasta. Dalam rentang 23 tahun, PLN NPS telah mengembangkan lini bisnisnya dari jasa pemeliharaan pembangkit menjadi lebih dari 30 produk layanan. Dari melayani pelanggan di tanah air, sekarang telah melebarkan sayap hingga manca negara,” kata Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah, dalam keterangannya, seperti dikutip, Sabtu (6/6/2024).

PLN NPS menawarkan lebih dari 33 produk layanan bagi pelanggan. Perusahaan yang telah melayani jasa O&M dengan kapasitas lebih dari 6.100 MW ini memberikan layanan utama berupa operation and maintenance unit pembangkit (O&M), maintenance, repair, overhaul (MRO), engineering services, dan green energy.

Di luar layanan utama tersebut, disediakan juga berbagai jasa lainnya seperti commissioning, relokasi pembangkit, first year inspection (FYI), sertifikasi kompetensi, pengelolaan alat berat, penyediaan scaffolding, penyediaan heat insulation work, dan technical support.

Kini anak usaha PLN NP yang berbasis di Jawa Timur itu telah berhasil go international dengan pengalaman profesional di sejumlah negara, seperti di Singapura, Malaysia, Kuwait, Tiongkok, dan Arab Saudi dengan reputasi yang baik.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button