Menciptakan Peluang Baru Melalui Social Commerce di Bulan Ramadan

INDOPOSCO.ID – Dalam semangat Ramadan yang penuh berkah, social commerce telah menjadi salah satu tonggak penting bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan.
Hasil survei Suara UKM Negeri Vol. 4 yang dilakukan oleh Ninja Xpress, mengungkapkan keuntungan besar yang diperoleh UKM dengan berbisnis melalui social commerce seperti Instagram, Facebook, ataupun Whatsapp. Kemudahan tersebut meliputi dapat mengetahui preferensi konsumen di luar batas demografi dan proses transaksi, serta membangun kekuatan merek di tengah-tengah dinamika platform marketplace yang dapat berubah sewaktu-waktu.
Contohnya, Pempek Belida Pusat telah berhasil membangun hubungan yang erat dengan konsumen setianya dan memberikan penawaran khusus sesuai dengan momen-momen penting dalam bulan Ramadan melalui penjualan mereka di Instagram dan komunitas di whatsapp.
Bertepatan dengan bulan suci Ramadan, UKM dapat mengadopsi konten yang relevan untuk meningkatkan penjualan di social commerce dengan tema kedermawanan, kebaikan, dan solidaritas untuk menarik perhatian konsumen.
Dengan memanfaatkan momen Ramadan ini, UKM dapat menciptakan kampanye pemasaran yang unik dan menarik, membangun hubungan emosional yang kuat dengan pelanggan, dan memperluas pangsa pasar mereka melalui social commerce.
Selanjutnya, menurut Survei suara UKM Negeri vol 4, ada beberapa tantangan dari sisi marketing, yang akan dihadapi oleh UKM, dalam melakukan penjualan melalui social commerce, yaitu:
1. 50% mengatakan bahwa membuat konten yang efektif adalah hal yang menantang.
Dalam menjawab tantangan ini, UKM dapat memanfaatkan strategi “Reduce, Reuse, dan Recycle” untuk membantu menekankan efisiensi dalam pengelolaan konten.
Reduce fokus pada penghematan waktu dengan mengurangi pembuatan konten baru. Reuse memanfaatkan kembali konten yang sudah ada, sementara recycle mengoptimalkan konten pengguna untuk meningkatkan keterlibatan di berbagai aspek bisnis. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola kontennya secara efisien, mencapai tujuan pemasaran, dan memperkuat koneksi dengan audiens.
2. 48% mengatakan bahwa sulit bagi mereka untuk mengejar algoritma platform yang terus berubah.
Eksperimen yang terus-menerus di berbagai platform dengan berbagai konten dari strategi 3R lalu Konsultasikan dengan konsumen UKM yang memiliki nilai paling tinggi di kanal sosial yang mereka sukai. Identifikasi tiga platform teratas yang sering mereka kunjungi dan kembangkan di sana. Jadi, UKM bisa fokus di platform tersebut.
Selain itu, Dalam upaya untuk mengatasi tantangan pemasaran di social commerce, Ninja Xpress juga memberikan tips bagi UKM dalam menghadapi tantangan pemasaran dalam social commerce dengan:
1. Membangun Keterlibatan Komunitas.
Dengan memanfaatkan fitur interaktif dari platform social commerce untuk mendorong partisipasi komunitas melalui berbagi pengetahuan, jajak pendapat, kontes, hingga hadiah eksklusif. Membangun komunitas tidak hanya meningkatkan loyalitas suatu brand tetapi juga memberikan platform untuk membangun hubungan yang luas dengan pelanggan.
2. Membangun Brand.com atau Situs Web Penjualan Mandiri.
Dengan membangun brand.com atau situs web penjualan secara mandiri, pendekatan ini membuka peluang dalam mendukung peningkatan penjualan dan brand awareness, serta meningkatkan peringkat kata kunci Google dan optimasi mesin pencari.
Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, menjelaskan “social commerce bukan hanya sekedar tren tetapi juga alat yang kuat bagi UKM. Untuk menjawab tantangan tersebut, Ninja Xpress memberi dukungan kepada UKM untuk mendukung pemanfaatan social commerce bagi para pelaku UKM dengan menyediakan layanan foto & video produk dan pembuatan website untuk mendukung promosi produk di social commerce dan mendorong UKM untuk membentuk brand.com nya secara mandiri.”
Langkah-langkah ini bukan hanya merupakan upaya untuk mengatasi tantangan, tetapi juga untuk membuka peluang baru bagi UKM. Dengan dukungan dari Ninja Xpress dan penerapan strategi pemasaran yang cerdik, UKM dapat meraih kesuksesan dalam mengoptimalkan potensi social commerce dan membangun bisnis yang tangguh di era digital, khususnya di bulan Ramadan ini. (srv)