Ekonomi

Prospek dan Potensi Program Sejuta Rumah Penuhi Hunian Masyarakat

Oleh: Ristyan Mega Putra, S.Sos, M.Si
Pranata Humas Ahli Muda, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR

INDOPOSCO.ID – Setiap manusia membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal bagi dirinya sendiri maupun bersama keluarganya. Saat ini rumah juga memiliki berbagai fungsi lainnya seperti tempat pendidikan, tempat beribadah, tempat berusaha maupun tempat bekerja.

Hal tersebut menjadikan pemenuhan kebutuhan rumah bagi masyarakat sangat diperlukan dan membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah. Berbagai terobosan dari sisi penyediaan perumahan maupun bantuan pembiayaan perumahan untuk masyarakat pun dilaksanakan oleh pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Salah satu upaya pelaksanaan percepatan pembangunan rumah layak huni terus didorong oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah melalui Program Sejuta Rumah (PSR). Program pro rakyat tersebut dicanangkan sejak tanggal 29 April 2015 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kabupaten Ungaran, Provinsi Jawa Tengah.

Program Sejuta Rumah merupakan gerakan percepatan dan kolaborasi antara pemerintah dengan para pelaku pembangunan perumahan dalam menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat Indonesia. Adapun targetnya adalah menyediakan hunian layak bagi masyarakat sebanyak satu juta unit per tahun dengan presentase 70 persen untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 30 persen untuk non MBR.

Saat ini pelaksanaan Program Sejuta Rumah telah memasuki tahun ke delapan dan telah banyak capaian yang diraih oleh pemerintah Indonesia untuk “merumahkan” masyarakat supaya bisa tinggal di hunian layak. Hal tersebut perlu dilaksanakan dengan menggandeng seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengembang, perbankan, sektor swasta hingga masyarakat luas.

Dari data yang dihimpun dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), capaian pembangunan hunian yang dilaksanakan melalui Program Sejuta Rumah dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Tercatat pada tahun 2015 capaian Program Sejuta Rumah sebanyak 699.770 unit rumah, 2016 sebanyak 805.169 unit, 2017 sebanyak 904.758 unit.

Target pembangunan Program Sejuta Rumah berhasil menembus angka satu juta tepatnya 1.132.621 unit pada 2018. Sedangkan pada 2019 angkanya juga mengalami tren peningkatan dan melonjak menjadi 1.263.634 unit rumah.

Pada masa pandemi yang melanda Indonesia pada tahun 2020, diperoleh capaian pembangunan rumah sebanyak 956.217 unit rumah. Pembangunan rumah kembali meningkat pada 2021 dan tercatat realisasi Program Sejuta Rumah berhasil membangun 1.105.707 unit rumah di seluruh Indonesia.

Dari informasi yang ada di laman resmi Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR yakni https://perumahan.pu.go.id/news/kementerian-pupr-catat-program-psr-tahun-2022-capai-1117491-unit tercatat capaian Program Sejuta Rumah pada tahun 2022 mencapai angka 1.117.491 unit. Capaian pembangunan perumahan untuk masyarakat tersebut terdiri dari 835.597 unit rumah masyarakat berpenghasilan rendah MBR dan 281.894 unit rumah non MBR.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button