Ekonomi

Hilirisasi Industri Maksimalkan Potensi Ekonomi Nasional

INDOPOSCO,ID – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menyebut hilirisasi industri bisa menjadi salah satu strategi untuk mengeksplorasi potensi perekonomian tanah air.

Hal ini sejalan dengan fokus World Economic Forum Annual Meeting 2023 di Davos, Swiss, yang bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah dan swasta.

“Dengan melaksanakan hilirisasi, Indonesia berpotensi untuk memberikan nilai tambah yang luar biasa, terutama karena Indonesia memiliki berbagai mineral dan potensi energi terbarukan yang besar,” ujar Arsjad Rasjid, Ketua Umum KADIN Indonesia melalui keterangan di Jakarta, Rabu.

Baca Juga : Perkuat UMKM Topang Industri Bangkitkan Ekonomi

Arsjad mengatakan terdapat beberapa tantangan yang menyebabkan program hilirisasi industri di Indonesia belum efisien dan kalah saing dengan produk asing. Di antaranya adalah kurangnya pendanaan, serta keterbatasan sumber daya manusia dalam melakukan riset dan penggunaan teknologi.

Menurut Arsjad, salah satu indikator keberhasilan penghiliran industri di tanah air adalah pelibatan sektor swasta termasuk investor global.

Investasi dalam negeri maupun global perlu bergerak sejalan dengan prioritas pemerintah saat ini, di antaranya adalah pengembangan industri hilirisasi di Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button