Ekonomi

BKPM Dukung Kemitraan Usaha Besar dengan UMKM Senilai Rp5,14 Triliun

INDOPOSCO.ID – Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendukung program kemitraan antara usaha besar dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan nilai kerja sama Rp5,14 triliun.

Dalam acara penandatanganan komitmen kerja sama dalam program kolaborasi penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) dengan UMKM di Bali, Jumat (16/12), Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa program ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo dan amanat Undang-Undang Cipta Kerja, yang bertujuan terus meningkatkan kemudahan berusaha serta mendorong kemitraan strategis antara perusahaan besar dengan UMKM melalui prinsip mutualisme.

“Pemerintah siap memfasilitasi kolaborasi ini, dengan adanya kesempatan yang diberikan untuk melebarkan sayap bersama dapat memacu UMKM menjadi lebih kompetitif dan semakin memiliki daya saing. Selain itu, perusahaan besar diharapkan dapat menjadi motivasi dan partner yang dapat memberikan masukan serta kontribusi positif bagi UMKM agar bisa berkembang lebih cepat dengan meningkatkan kualitas usahanya,” katanya dalam keterangan di Jakarta, seperti dikutip Antara, Sabtu (17/12/2022).

Baca Juga : Penghargaan kepada 6 PLUT Terhebat dan 6 Konsultan Terinovatif

Bahlil menyebut program kemitraan antara investasi besar dengan pengusaha lokal di daerah harus dilakukan secara berkelanjutan dengan nilai pekerjaan yang semakin meningkat dan meluasnya cakupan pekerjaan.

Komitmen kerja sama antara usaha besar dan UMKM senilai Rp5,14 triliun itu diikuti oleh 84 perusahaan PMA dan PMDN serta 320 UMKM atau pengusaha lokal dari seluruh wilayah Indonesia. Nilai ini meningkat 88 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp2,7 triliun.

Salah satu pelaku usaha, Purchasing Division Head PT Mayora Indah Tbk Richard Atmadja menilai program kemitraan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan memperluas jangkauan pasar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button