Ekonomi

Sandiaga : Untuk Penuhi Kebutuhan 9 Juta Talenta Digital, Indonesia Perlu Gotong Royong

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berpendapat bangsa Indonesia perlu bergotong royong dan berkolaborasi multipihak (pentahelix) untuk memenuhi kebutuhan sembilan juta talenta digital demi mempercepat transformasi digital, terutama di bidang ekonomi.

“Kebutuhan talenta digital yang sembilan juta ini harus kita kerjakan bersama, tidak bisa sendiri-sendiri. Kita harus bergotong royong, pemerintah, dan pentahelix, termasuk dunia usaha. Ini adalah kekuatan ekosistem digital ekonomi Indonesia,” ujar Sandi sapaan akrab Sandiaga Uno dalam acara “Indonesia Digital Talent Day 2022” yang digelar Huawei Indonesia bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden (KSP), di Gedung Krida Bhakti, Jakarta, Selasa.

Menurut Sandi, pemenuhan kebutuhan sembilan juta talenta digital di Tanah Air berperan besar dalam mewujudkan proyeksi Indonesia menjadi pemilik ekonomi digital tertinggi di Asia Tenggara pada tahun 2030.

Ia menyampaikan terkait dengan perkembangan ekonomi digital, riset dari Kemenparekraf menunjukkan bahwa peningkatan penjualan UMKM dan ekonomi digital ditopang keberadaan sekitar 60 persen konten-konten kreatif.

Dengan demikian, ia memaparkan lima hal yang perlu dilakukan generasi muda Indonesia agar dapat menjadi talenta digital yang mampu menghadirkan konten-konten kreatif demi mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi nasional, bahkan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button