Ekonomi

Kementerian PUPR: Tantangan Penyediaan Perumahan ke Depan Semakin Besar

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengingatkan tangangan penyediaan perumahan untuk masyarakat Indonesia ke depan semakin besar. Hal itu  dikarenakan jumlah penduduk yang semakin besar dan perlu adanya antisipasi urbanisasi di kawasan perkotaan sehingga diperlukan perumahan yang layak bagi masyarakat baik berupa rumah tapak maupun hunian vertikal.

“Tantangan perumahan Indonesia ke depan semakin besar. Jumlah penduduk Indonesia semakin besar dan urbanisasi di kawasan perkotaan perlu diantisipasi sejak dini,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat memberikan sambutan dalam Gelar Wicara Hari Tata Ruang Nasional 2022 yang mengangkat tema “Penyediaan Perumahan Masyarakat Menengah Bawah Perkotaan Pasca Pemilu 2024” di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Ia menerangkan, Kementerian PUPR berharap para pelaku pembangunan perumahan bisa berkolaborasi menghadapi tantangan perumahan di masa depan. Apalagi dengan adanya perkembangan Artificial Intelligence, disrupsi teknologi, New Economy, pola pola baru perekonomian, Global Mega Tren dan Paradigma baru yang setiap saat selalu berkembang.

Lebih lanjut, Iwan menambahkan, Indonesia termasuk negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Pada tahun 2010, Indonesia menempati urutan keempat penduduk terbesar di dunia dan pada tahun 2045 peringkat Indonesia bergeser ke urutan kelima.

Baca Juga: Kementerian PUPR Dorong Pemkab Lumajang Kelola Huntap BSD

Jumlah penduduk Indonesia diperkirakan meningkat menjadi 318,9 juta jiwa pada tahun 2045. Peningkatan terutama terjadi pada kelompok penduduk usia produktif dengan rentang usia 15-64 tahun sebesar 19 persen dan usia harapan hidup penduduk Indonesia diperkirakan meningkat dari 69,8 tahun pada tahun 2010 menjadi 75,5 tahun pada tahun 2045.

“Dalam periode 2010-2045 diperkirakan rasio ketergantungan (dependency ratio) mencapai tingkat terendah sekitar tahun 2022. Dalam jangka panjang, pertumbuhan penduduk mendorong urbanisasi dan tumbuhnya kota kecil dan sedang di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk Kota-kota besar dan daerah peri urban akan membentuk mega urban, di mana pada tahun 2045, masyarakat yang tinggal di perkotaan meningkat menjadi 72,8 persen, dimana hampir 90 persen penduduk Jawa tinggal di perkotaan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button