Ekonomi

BI: Ekonomi Indonesia pada Triwulan III Terus Membaik

INDOPOSCO.ID – Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti menyatakan, angka investasi khususnya di sektor pembangunan pada triwulan II masih menunjukkan angka tinggi, sehingga memberikan satu sinyal bahwa pada triwulan III-2022 ekonomi Indonesia diperkirakan terus membaik.

“Hal itu juga ditopang dengan peningkatan konsumsi swasta dan investasi nonbangunan, kuatnya ekspor, serta daya beli masyarakat yang masih terjaga di tengah kenaikan inflasi,” kata Destry Damayanti, dalam keterangan resmi di Mataram, Selasa.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia itu dalam rangka agenda kunjungan kerja Komisi XI DPR RI Masa Persidangan I/Tahun Sidang 2022-2023 ke NTB, bersama Wakil Ketua Komisi XI DPR RI sekaligus Ketua Tim Kunjungan Kerja DPR RI di NTB, Dr Achmad Hatari, dan sebanyak 13 anggota Komisi XI DPR RI.

Adapun tujuan dari kunjungan tersebut adalah melakukan dengar pendapat terkait kondisi terkini dari masing-masing institusi dan menerima umpan balik ataupun aspirasi yang perlu dieskalasi atau disampaikan kepada Komisi XI DPR RI.

Baca Juga: Rupiah Menguat Dipicu Isu The Fed Akan Perlambat Kenaikan Suku Bunga

Lebih lanjut, Destry mengatakan, Indonesia masih memiliki potensi dan peluang yang dapat dilihat dari transaksi e-commerce dan transaksi mobile banking yang terus mengalami peningkatan.

Bank Indonesia akan terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan dari sisi sistem pembayaran, baik melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) ataupun BI-Fast.

Bank Indonesia juga telah melakukan penguatan operasi moneter dengan menaikkan suku bunga di angka 50 basis point (bps).

“Jadi, kita memang menghadapi masa yang tidak mudah, tapi kita tidak pesimis karena potensi yang dimiliki Indonesia sangat besar. Yang dibutuhkan sekarang adalah sinergi kebijakan-kebijakan Bank Indonesia, kebijakan moneter, kebijakan fiskal, dan kebijakan sektor keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button