Ekonomi

Indonesia-Jepang Usung Prinsip Keberlanjutan Sektor Industri

INDOPOSCO.ID – Indonesia menggandeng Jepang mengusung keberlanjutan sektor industri, mengingat Pemerintah Indonesia tengah berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing industri nasional dengan turut memperhatikan prinsip keberlanjutan (sustainability).

“Hal ini sangat penting untuk menjaga kelangsungan sumber daya, regenerasi sumber bahan baku dan menggali potensi ekonomi yang belum dimanfaatkan,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Eko SA Cahyanto lewat keterangannya di Jakarta, Selasa (27/9).

Langkah strategis itu sesuai dengan program prioritas pada peta jalan making Indonesia 4.0.

Berita Terkait

Beberapa kebijakan yang mendukung isu keberlanjutan tersebut, antara lain Indonesia terus mendorong transformasi ekonomi linier ke ekonomi sirkular, khususnya untuk sektor manufaktur.

Di samping itu Indonesia tengah menyiapkan diri sebagai pelopor mobilitas hijau melalui kebijakan yang mendukung terciptanya ekosistem pengembangan industri kendaraan listrik, serta Indonesia sedang menginisiasi pendekatan Eco-Industrial Park dalam meningkatkan produktivitas sumber daya dan meningkatkan kinerja ekonomi, lingkungan dan sosial bisnis.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Kemudahan Akses Pembiayaan bagi UMKM

“Indonesia juga mengembangkan energi baru terbarukan melalui industri kelapa sawit, dan program-program lainnya,” sebut Eko.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button