Nasional

Rencana Bea Masuk 200 Persen, Sebaiknya Tak Berlaku Semua Jenis Industri

INDOPOSCO.ID – Rencana pemerintah menerapkan pajak bea masuk impor dari China sebesar 200 persen, semestinya tidak bersifat umum atau diberlakukan pada semua jenis industri. Bea masuk sebesar 200 persen hanya perlu diberlakukan pada impor barang jadi yang menjadi kompetitor produk Indonesia.

Menurut anggota Komisi VI DPR Amin Ak, perang dagang antara Cina dan Amerika Serikat telah menyebabkan Cina mengalami kelebihan produksi dan membanjiri pasar Indonesia dengan produk seperti elektronik, alas kaki, pakaian, baja, dan tekstil.

“Pemerintah perlu bersikap hati-hati dan selektif, agar tidak mengganggu kegiatan sektor industri yang bahan bakunya diimpor dari China,” kata Amin di Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Industri seperti tekstil, pakaian, dan baja yang saat ini paling terancam dengan banjirnya produk China berharga murah. Karena itu, kebijakan yang diterapkan harus khusus untuk industri tersebut.

Setiap sektor industri memerlukan kebijakan atau pendekatan yang berbeda-beda. Tidak bisa disamakan begitu saja karena kondisi dan iklim bisnisnya berbeda antara satu industri dengan yang lainnya.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button