Ekonomi

KemenKopUKM Angkat Isu Transformasi Digital dan Akses Pembiayaan UMKM dalam Forum APEC di Thailand

INDOPOSCO.ID – Pada APEC SME Working Group (SMEWG) Meeting ke-54 yang diselenggarakan pada 7-8 September 2022 di Phuket, Thailand, Pemerintah RI melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) mengangkat isu terkait percepatan transformasi digital dan peningkatan akses pembiayaan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ketua Delegasi Luhur Pradjarto yang juga Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Hubungan Antar Lembaga (SAM-HAL) dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (13/9), mengatakan KemenKopUKM dalam hal ini merupakan focal Point pada APEC SME Working Group Indonesia.

“Indonesia berkomitmen terus mendorong penyediaan akses pembiayaan bagi UMKM serta percepatan transformasi UMKM di Indonesia maupun di kawasan,” ucap Luhur.

Pertemuan itu dilaksanakan sebagai bagian dari Asia Pacific Economic Cooperation SME Ministerial Meeting (APEC SME MM) ke-28 di Phuket, Thailand, yang dilaksanakan pada 9-10 September 2022.

Luhur Pradjarto menyampaikan pandangan melalui paper berjudul “Promoting MSME Access to Finance Through Financial Technologies”. Sedangkan tema berjudul “Indonesia’s support to accelerate MSMEs’ transformation” disampaikan secara virtual oleh Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM Eddy Satriya.

“Kolaborasi antar stakeholder, mulai dari kementerian, lembaga, asosiasi, hingga swasta dan usaha besar terus didorong untuk mendukung pemulihan ekonomi UMKM setelah pandemi,” kata Luhur.

Luhur menilai sangat penting koordinasi dan sinergi antar wilayah baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk mendorong UMKM agar tidak hanya dapat bertahan di masa pandemi, tetapi juga dapat bangkit, tumbuh, dan beradaptasi dengan perkembangan zaman dan tuntutan pasar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button