Ekonomi

Anggota DPR Minta Pemerintah Jelaskan Kemampuan Bayar Utang

INDOPOSCO.ID – Anggota DPR RI Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun meminta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan kepada publik soal kemampuan pemerintah membayar utang guna membangun kepercayaan terhadap pemerintah.

“Kita harus mulai membangun ‘confidence’ (kepercayaan diri) kepada masyarakat bahwa pemerintah yang berutang itu mempunyai ‘ability to pay’ (kemampuan untuk membayar),” ujar Misbakhun dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (31/8), seperti dikutip Antara.

Misbakhun dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR RI dengan Pemerintah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, yang beragendakan pembahasan asumsi dasar makro RAPBN 2023 mengatakan bahwa penjelasan soal rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) belum cukup bagi publik.

Baca Juga : Hadapi Krisis, Menkeu AS Kasih Statemen Ini Dalam Forum G20

Dia beralasan masih ada rasio lain, misalnya besar penerimaan pajak berbanding jumlah utang.

Ia menuturkan semestinya pemerintah menjelaskan besaran penerimaan pajak yang dipakai untuk membayar utang negara.

Harapannya, kata dia, ada kepastian bahwa pemasukan dari pajak mencerminkan kemampuan pemerintah membayar utang sehingga tidak ada kesan gali lubang tutup lubang.

“Ada fundamental data yang di-‘share’ untuk membangun ‘confidence’ bahwa apa yang disampaikan tidak hanya sebuah penyampaian yang bersifat persuasif,” kata Misbakhun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button