Ekonomi

Subsidi Tepat Sasaran Bakal Kurangi Beban Subsidi Rp502 Triliun

INDOPOSCO.ID – Ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Said Abdullah mengatakan subsidi tepat sasaran akan mengurangi beban subsidi di anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun ini sebesar Rp502 triliun, yang cenderung banyak dinikmati oleh masyarakat mampu.

Dengan demikian, sudah saatnya mendukung pengurangan subsidi energi dan direalokasi menjadi anggaran diperlukan masyarakat miskin, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), bantuan upah tenaga kerja, bantuan sosial produktif usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), fasilitas Kesehatan dan pendidikan.

“Langkah ini agar dana APBN lebih dirasakan masyarakat, artinya subsidi dialihkan dari si kaya ke si miskin yang benar benar membutuhkan. Kebijakan ini juga bisa meredam tekanan inflasi yang sangat rentan terhadap rumah tangga miskin,” kata Said dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (26/8), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga : Subsidi Energi Melebar Rp198 Triliun Jika BBM Tidak Naik

Ia mengungkapkan dana sebesar subsidi energi 2022 idealnya dapat digunakan untuk pembangunan di berbagai sektor yang dibutuhkan masyarakat kelas bawah dan kegiatan produktif, misalnya pendidikan, kesehatan, infrastruktur energi, dan lain-lain. Bahkan, dapat digunakan untuk membangun ruas tol baru sepanjang 3. 501 km dengan perkiraan investasi Rp142, 8 miliar per kilometer (km).

Anggaran subsidi energi bisa digunakan pula untuk anggaran pembangunan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 227.886 unit, diperkirakan butuh investasi Rp2,19 miliar tiap SD, 3.333 unit Rumah Sakit (RS) skala menengah dengan besaran investasi Rp150 miliar per RS, serta 41.666 puskesmas baru dengan biaya Rp12 miliar per puskesmas.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button