Ekonomi

IHSG Melemah Seiring Euforia Pasar Reda atas Perlambatan Inflasi AS

INDOPOSCO.ID – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (12/8) pagi, melemah seiring meredanya euforia pasar terhadap kabar perlambatan inflasi di Amerika Serikat (AS).

IHSG dibuka melemah 3,83 poin atau 0,05 persen ke posisi 7.156,56. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 0,83 poin atau 0,08 persen ke posisi 1.017,49.

“Untuk hari ini, IHSG diperkirakan bergerak variatif cenderung datar. Dari perspektif global, euforia rilis inflasi AS yang mengalami perlambatan nampaknya sudah tidak memiliki dampak pada pergerakan pasar global,” tulis Tim Riset Surya Fajar Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Jumat (12/8), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga : IHSG Diprediksi Naik Didukung Tenaga Kerja AS yang Kuat

Pelaku pasar tengah menantikan rilis data neraca perdagangan Juli yang akan dirilis awal pekan depan. Berdasarkan konsensus, pada Juli Indonesia diperkirakan mengalami surplus sebesar 3,9 miliar dolar AS, turun dari posisi Juni sebesar 5,09 miliar dolar AS.

Penurunan tersebut diperkirakan terjadi akibat perlambatan ekspor. Di sisi lain, impor diperkirakan mengalami peningkatan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button