Ekonomi

Menghadapi Tantangan Talenta Teknologi dan Digital Indonesia Bersama JobStreet

INDOPOSCO.ID — Selama masa pandemi ini, banyak industri di Indonesia yang memaksimalkan sumber daya untuk bidang teknologi dan digital dalam hal pemasaran, penjualan, promosi, dan lain-lain. Transformasi digital inilah yang membuat banyak perusahaan saat ini membuka banyak lowongan di bidang teknologi dan digital.

Namun jika melihat pernyataan Bank Dunia, Indonesia diprediksi akan kekurangan 9 juta talenta ICT (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) di tahun 2030. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan jumlah permintaan talenta di bidang IT & Digital yang tidak dibarengi dengan pertumbuhan talenta. Permintaan yang tinggi ini berdampak juga terhadap meningkatnya gaji talenta di bidang IT dan digital.

Berdasarkan data dari Laporan Gaji 2022 JobStreet, bidang IT menempati urutan teratas dalam 10 gaji tertinggi dan 10 pertumbuhan gaji tertinggi di Indonesia menurut spesialisasi dan level pekerjaan. Bahkan di tingkat fresh graduate atau tingkat pemula, kenaikannya mencapai +13,7%, sementara terdapat banyak bidang pekerjaan yang malah mengalami penurunan gaji. Bila dilihat berdasarkan industrinya, industri IT/Komputer mengalami peningkatan gaji sebesar 33,3% di level manajemen (C level).

Baca Juga: Proyek Kereta Cepat Gunakan Teknologi Pengelasan Mutakhir

Selain itu, laporan Decoding Digital Talent milik SEEK Asia juga membuktikan bahwa pekerja digital bersemangat untuk pindah kerja agar bisa mengeksplorasi peran dan tantangan baru. Selain itu, dalam laporan yang mensurvei lebih dari 9.000 pekerja digital di berbagai negara seperti Singapura, Indonesia, Denmark dan Swiss ini, terbukti bahwa niat belajar keahlian baru paling tinggi ada di bidang teknologi dan IT.

“Saat ini, karena banyaknya jumlah perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan platform digital, jumlah karyawan yang dibutuhkan pun meningkat dengan cukup signifikan. Tidak hanya perusahaan yang berfokus di bidang IT dan teknologi, tapi banyak juga perusahaan konvensional yang sudah menyadari pentingnya untuk go digital. Perusahaan-perusahaan ini pun siap untuk menawarkan gaji yang tinggi bagi para karyawan karena menyadari pentingnya peran mereka di era yang sudah berubah ini. Pencari kerja juga sebaiknya memperkuat keahlian mereka dalam bidang teknologi dan digital untuk bisa bersaing mulai dari proses melamar kerja hingga saat sudah mulai bekerja,” ujar Head of Human Resources JobStreet Indonesia, Yuliana Dewi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button