Ekonomi

JobStreet, Job Platform Bebas Drama, Bersama Lazada dan Ninja Xpress Dukung Pertumbuhan UMKM Indonesia

INDOPOSCO.ID – Dalam sebuah acara media yang dilakukan secara virtual pada hari ini, JobStreet, job platform bebas drama, bersama para partnernya berbagi data seputar UMKM di Indonesia; tantangan atau drama yang dihadapi UMKM di Indonesia; serta inisiatif-inisiatif yang dijalankan untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Acara virtual tersebut dihadiri oleh Sawitri Hertoto, Country Marketing Manager, JobStreet Indonesia; Andi Djoewarsa, Chier Marketing Officer, Ninja Xpress; Haikal Bekti Anggoro, SVP, Seller Operations, Lazada Indonesia; dan Ivan Gunawan, selebriti dan pengusaha UMKM.

Sawitri Hertoto, Country Marketing Manager, JobStreet Indonesia menjelaskan “Job platform bebas drama, JobStreet memahami pentingnya peran UMKM dalam membangun perekonomian Indonesia. Masa pandemi telah menjadi masa yang menantang bagi UMKM, di mana pemerintah turut serta turun tangan untuk membantu pemulihan UMKM. Dari sisi JobStreet, kami juga sadar akan berbagai tantangan atau drama yang dihadapi UMKM di Indonesia, berdasarkan riset internal JobStreet 74% UMKM tidak menggunakan platform dengan teknologi yang dibangun khusus untuk rekrutmen; 54% UMKM mengalami kesulitan dalam menyaring lamaran; dan 40% UMKM merasa kesulitan menarik kandidat tepat. Selain itu, UMKM juga kesulitan mengidentifikasi kebutuhan tenaga kerja untuk saat ini maupun pengembangan ke depan dan tidak memiliki staf HRD khusus untuk menangani karyawan. Melalui berbagai inisiatif, kami berusaha membantu membebaskan para UMKM dari drama yang mereka hadapi”.

“Berbicara mengenai tantangan yang dihadapi UMKM di Indonesia, Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer, Ninja Xpress berujar “Sebagai partner UMKM, Ninja Xpress berupaya mendengar kebutuhan UMKM. Mengacu pada laporan Suara UKM Negeri garapan Ninja Xpress bekerja sama dengan Markplus, saat ini UMKM di Indonesia menghadapi tantangan terutama dalam hal keuangan, pemasaran, distribusi dan logistik serta sumber daya manusia (SDM). Fokus pada SDM, 40% UMKM belum membutuhkan pengembangan SDM pada bisnis UMKM-nya, dikarenakan UMKM belum menyadari kebutuhan pengembangan kapasitas SDM yang diperlukan.

Selain itu, 53% UMKM merasa membutuhkan bantuan untuk mengembangkan SDM melalui misalnya program mentoring. Oleh karena itu melalui salah satu program Ninja Reward, yaitu Aksilerasi III yang berlangsung bulan september lalu, Ninja Xpress bekerja sama dengan Jobstreet untuk memberikan kelas mengenai bagaimana UMKM dapat melakukan bisnis secara autopilot. Ke depan Ninja Xpress berkomitmen hadirkan Aksilerasi sebagai wadah edukasi bisnis, yang akan terus membantu pelaku UMKM untuk berkembang,” katanya.

Baca Juga : Ada Penurunan Kualitas Kehidupan Pekerja Saat Pandemi

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button