Nasional

SEAVEG 2021, Kementan Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Simposium Internasional

INDOPOSCO.ID – Guna memenuhi kebutuhan sayuran bagi konsumen dan industri, Kementerian Pertanian (Kementan) RI menggenjot kualitas sumberdaya manusia (SDM) pertanian melalui aneka kegiatan, di antaranya simposium internasional Southeast Asia Vegetable 2021 (SEAVEG) di Yogyakarta selama tiga hari, 18-20 November 2021 secara online dan tatap muka.

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa sektor pertanian makin kuat jika didukung riset dan inovasi berkelanjutan, maka petani Indonesia harus mengikuti perkembangan teknologi era Industri 4.0.

“Petani Indonesia tidak boleh tertinggal, banyak inovasi teknologi dan mekanisasi dibuat untuk meningkatkan produktivitas pertanian,” katanya.

Menurut Mentan Syahrul, saat ini para generasi muda telah masuk di era teknologi digital sehingga perlu beradaptasi dalam memanfaatkan peluang dan memenangkan kompetisi. “Generasi muda didorong mengambil peran khususnya sektor pertanian melalui kegiatan yang produktif,” ujarnya.

Berbicara generasi muda, tak terlepas dari peran Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) unit kerja Kementan yang bertanggung jawab meningkatkan kualitas SDM pertanian.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi, mengatakan pihaknya berkewajiban meningkatkan kompetensi SDM pertanian. “Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM, agar bisa menghadirkan inovasi dan terobosan penting,” tandasnya.

Salah satu upayanya, melalui simposium internasional SEAVEG 202, yang merupakan seri kelima dari rangkaian SEAVEG 2021 khusus menyoroti teknologi dan pendekatan baru pada sayuran untuk ketahanan dan diet sehat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button