Ekonomi

Melalui Program Regenerasi, Kementan Beri Kesempatan Generasi Muda Tingkatkan Perekonomian

INDOPOSCO.ID – Sebagai sektor yang sangat menjanjikan, Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak para generasi muda di perdesaan untuk meningkatkan pendapatan. Peningkatan kemampuan tersebut dilakukan melalui pelatihan dengan manfaatkan teknologi, alsintan (alat dan mesin pertanian), permagangan, akses permodalan hingga jejaring hingga jejaring pemasaran.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai komandan di Kementan terus berupaya memfasilitasi generasi muda untuk menggeluti wirausaha pertanian bahkan untuk terjun menjadi petani unggul.

“Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan, terlebih di tengah pandemi ini,” katanya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menjelaskan, Kementerian Pertanian, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), dan International Fund for Agricultural Development (IFAD), memiliki Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) bagi generasi muda meningkatkan kapasitas pengetahuan dan kemampuan mereka di bidang pertanian.

Baca Juga: Kementan Maksimalkan Peran UPT Dukung Kinerja Food Estate Kalteng

Menurutnya ada dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS.

“Pertama Program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir,” terang Dedi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button