Ekonomi

Rupiah Melemah Jelang Testimoni Gubernur The Fed

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore, ditutup melemah jelang testimoni Gubernur bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve Jerome Powell. Rupiah sore ini ditutup melemah 5 poin atau 0,04 persen ke posisi Rp14.304 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.299 per dolar AS.

“Dolar AS menguat karena ekspektasi kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS setelah data tenaga kerja baru- baru ini mendorong beberapa bank di Wall Street untuk menaikkan perkiraan tentang seberapa cepat Federal Reserve akan menaikan suku bunga di tahun ini,” kata analis Monex Investindo Futures Faisyal dalam kajiannya di Jakarta, Selasa (11/1/2022), seperti dikutip Antara.

Goldman Sachs perkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga sebanyak empat kali pada tahun ini dan akan mulai memproses pengurangan besaran neraca paling cepat pada Juli.

Bank- bank sebelumnya memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga pada Maret, Juni, September, dan saat ini mereka perkirakan ada kenaikan lagi pada Desember.

Baca Juga : Pasukan AS di Korsel Naikkan Status Kewaspadaan Covid-19

Sementara itu J. P Morgan dan Deutsche Bank juga memperkirakan segera ada pengetatan kebijakan moneter yang agresif. Para pedagang juga memperkirakan sebesar 80 persen peluang kenaikan suku bunga pada Maret, berdasarkan CMEFedWatch Tool.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button