Ekonomi

Minyak Naik di Asia, Dipicu Kekhawatiran Pasokan Saat Kazakhstan Rusuh

INDOPOSCO.ID Harga minyak menguat di sesi perdagangan Asia pada Jumat, karena pelawanan di Kazakhstan mengakibatkan kebingungan bahwa pasokan minyak mentah dari produsen OPEC+ dapat tersendat pada saat yang sama produksi di Libya juga menurun.

Minyak mentah berjangka Brent naik 48 sen atau 0,6 persen, menjadi diperdagangkan di 82,47 dolar AS per barel pada jam 01.27 GMT, menambah lonjakan 1,5 persen di sesi sebelumnya.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS terangkat 50 sen atau 0,6 persen, menjadi diperdagangkan di 79,96 dolar AS per barel, memperpanjang kenaikan 2,1 persen di sesi sebelumnya.

Baca Juga : Minyak Naik di 80 Dolar, OPEC+ Tetap Dengan Rencana Kenaikan Produksi

“Kenaikan harga minyak sebagian besar mencerminkan kegelisahan pasar karena kerusuhan meningkat di Kazakhstan dan situasi politik di Libya terus memburuk dan mengesampingkan produksi minyak,” tutur analis Rystad Energy, Louise Dickson dalam komentarnya melalui surel.

Setelah berhari-hari kerusuhan di Kazakhstan, di mana pemerintah mengumumkan keadaan darurat, Rusia pada Kamis (6/1/2022) mengirim pasukan terjun payung untuk meredam makar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button