Ekonomi

Ekspor Keripik Buah, Tenant LPDB-KUMKM Ini Optimis Dapatkan Investor di Ajang IFF 2021

INDOPOSCO.IDIndonesia sebagai negara tropis dengan kekayaan alam yang melimpah memiliki potensi produk buah tropis olahan sebagai camilan atau snack sehat.

Hal inilah yang ditangkap oleh Arjuna Citra Indonesia (ACI) sebagai peluang pasar untuk memproduksi keripik buah yang diolah dengan menggunakan teknologi vacuum frying.

Adapun ACI merupakan salah satu tenant program Inkubator Wirausaha LPDB-KUMKM dari Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

ACI juga merupakan salah satu peserta tenant dari ajang pertemuan investor dengan pelaku usaha terkemuka yakni Indonesia Fund Festival (IFF) 2021 yang akan diselenggarakan pada 14 Desember 2021 secara hybird melalui channel YouTube LPDB-KUMKM, dan diselenggarakan langsung di Jakarta Concert Hall, Gedung iNews Tower, Jakarta.

Chief Executive Officer (CEO) Arjuna Citra Indonesia Anju Hasiolan mengungkapkan, bisnis ini dibangun sejak tahun 2011 oleh Ibu  Hari Mastutik yang berlokasi di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Meski awalnya hanya memproduksi  rempeyek dan keripik tempe, ACI terus berkembang dengan menghasilkan produk olahan baru yakni keripik buah. Hal itu tercetus ketika melihat para petani buah lokal di Malang kesulitan untuk memasarkan hasil tani mereka.

“Banyak petani lokal yang kesulitan dalam mendistribusikan hasil tani nya membuat Arjuna Citra Indonesia memilki ide untuk mengolah hasil tani Buah dan sayur menjadi makanan yang memilki ketahanan lebih lama dan dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan,” ungkap Anju.

Anju mengatakan, dalam bisnis proses jatuh bangun dalam mengembangkan usaha pasti terjadi, hal yang terpenting adalah terus menjalani dengan tekun, amanah, dan tidak patah semangat.

“Setelah mengalami jatuh bangun berkali-kali saat ini Arjuna Citra Indonesia sudah mulai bangkit dan berkembang dengan bertambahnya buyer-buyer baru baik di lokal maupun mancanegara,” papar Anju.

Saat bisnis ACI mulai berkembang pesat, berbagai sertifikasi keamanan pangan hingga sertifikasi halal juga didapatkan oleh ACI, hal ini guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen, terlebih produk dari ACI merupakan panganan olahan dari buah.

“ACI juga sudah memilki sertifikasi-sertifikasi yang dapat menunjang penjualan seperti, Halal, HACCP dan FSSC 22000,” papar Anju.

Kehadiran pandemi Covid-19 juga memberikan tekanan yang berat bagi kelangsungan bisnis ACI, sebab presentase penjualan baik dari sisi offline maupun online mengalami penurunan yang signifikan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button