Ekonomi

Empat Juta Pekerja Jateng-DIY Belum Terlindungi Jaminan Ketenagakerjaan

INDOPOSCO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Kantor Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat sebanyak 4,02 juta tenaga kerja dari berbagai sektor di Provinsi Jateng dan DIY belum aman jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Jumlah sebanyak itu, tentunya menjadi potensi besar untuk masuk dalam daftar kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan. Untuk itu, perlu edukasi dan sosialisasi yang masif agar mereka mengetahui manfaatnya ketika bergabung dengan BPJAMSOSTEK,” kata Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jateng-DIY Cahyaning Indriasari seperti dikutip Antara, Kamis (9/12/2021).

Dari jutaan potensi tenaga kerja tersebut, kata dia, ada yang dari segmen penerima upah, seperti perdagangan dan non ASN, pekerja rentan, seperti pedagang, nelayan perajin maupun pemulung. Kemudian ada pekerja dari proyek kegiatan yang dibiayai APBD, APBN maupun swasta.

Jumlah terbesar dari segmen penerima upah yang mencapai 2,29 juta pekerja, kemudian dari segmen jasa konstruksi untuk kegiatan yang dibiayai APBD/APBN maupun swasta mencapai 975.726 pekerja dan segmen bukan penerima upah tercatat 752.890 orang.

Dalam rangka meningkatkan cakupan peserta jaminan sosial ketenagakerjaan, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh perusahaan besar untuk mengoptimalisasikan CSR (corporate social responsibilty) untuk melindungi pekerja rentan di sekitar perusahaan, melalui Gerakan Nasional Peduli Pekerja Rentan.

Baca Juga: Menaker: Peserta Jamsostek Penerima Upah 2021 Capai 40 Juta Pekerja

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button