Ekonomi

LPS Siapkan Program Edukasi untuk Investor Muda

INDOPOSCO.ID – Literasi menjadi kunci dalam berinvestasi. Namun, sangat disayangkan tren berinvestasi yang belakangan marak dilakukan anak muda, tak diiringi pengetahuan yang cukup.

Tak heran, jika banyak kabar soal kerugian investasi mengemuka. Alih-alih menggejot iklim investasi nasional menjadi makin baik, dikhawatirkan maraknya kerugian yang timbul, justru menjadi bumerang dan menimbulkan stigma negatif buat dunia investasi.

Menyikapi hal ini, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa menyatakan kesediaannya untuk mengambil peran aktif dalam mengedukasi investor pemula yang didominasi anak muda.

“LPS siap mengedukasi langsung investor-investor pemula. Kami punya tools untuk mengajar mereka membaca analisis teknikal di pasar saham sampai crypto. Tren berinvestasi ini harus dimanfaatkan dengan baik, jangan sampai mereka tersesat dan kapok karena harus mengalami kerugian akibat kurang pengetahuan,” kata dia, dalam Bincang Santai dengan media bertajuk “Kala Gairah Investasi Tak Dibandingi Literasi” yang digelar Klub Jurnalis Ekonomi Jakarta (KJEJ), di Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Menurutnya, edukasi dari sejumlah pihak yang berwenang memang sudah dilakukan. Tapi hal tersebut dinilai belum optimal dalam mendongkrak literasi dan menekan kerugian yang tak perlu akibat salah berinvestasi.

Berdasarkan Indeks Inklusi Keuangan dan Indeks Literasi Keuangan Indonesia, pada 2019, tingkat inklusi keuangan nasional mencapai 76,19 persen, sedangkan tingkat literasi di tahun yang sama baru mencapai 38,03 persen.

Baca Juga: Monetary Base Tumbuh Positif, Siap Mendukung Ekspansi Ekonomi Nasional

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button