Ekonomi

Biaya Penanganan Covid-19 di Seluruh Dunia USD 19 Triliun

INDOPOSCO.ID – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan insentif secara global yang telah dikeluarkan untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 mencapai 19 triliun dolar AS baik dari sisi fiskal maupun moneter.

“Perekonomian dan keuangan dari sektor usaha serta perekonomian keseluruhan, begitu besar dampak Covid-19 sampai seluruh dunia melakukan countercyclical,” katanya dalam acara Kick Off Sosialisasi UU HPP di Jakarta, seperti dikutip Antara, Jumat (19/11/2021).

Sri Mulyani mengatakan insentif global sebesar 19 triliun dolar AS itu meliputi dari sisi fiskal sebesar 12 triliun dolar AS dan dari sisi moneter mencapai 7 triliun dolar AS.

Indonesia pada tahun ini menganggarkan sebesar Rp744,77 triliun untuk membantu masyarakat dan mempertahankan dunia usaha di tengah tekanan dampak pandemi.

Anggaran yang hingga 12 November 2021 terealisasi Rp483,91 triliun itu masuk dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang sebenarnya telah diadakan sejak tahun lalu.

Sri Mulyani mengatakan langkah ini merupakan langkah extraordinary yang jika tidak dilakukan maka akan terjalin dampak maupun lonjakan yang jauh lebih besar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button