Ekonomi

Astra Gandeng KemenKopUKM Dorong Pertanian Organik Desa Tembus Pasar Dunia

INDOPOSCO.ID – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM), Teten Masduki melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Sejahtera Astra (DSA) – Koperasi Serba Usaha (KSU) Gardu Tani Al Barokah, di Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Sabtu (13/11).

Menkop dan UKM bersama Chief Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah meninjau pertanian beras organik Al Barokah sekaligus meresmikan bantuan pengembangan digital smart farming bagi para petani.

Turut hadir bersama Menkop dan UKM, Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM), Supomo, yang juga menjajaki pemodalan bagi KSU Gardu Tani Al Barokah.

Baca Juga : KemenKopUKM Lakukan Diklatsar Kepada Koperasi Agro Tora Wajasakti Sukabumi

Desa Al Barokah merupakan produsen tanaman padi yang dibudidayakan secara alami, bebas dari pestisida beracun dan pupuk kimia sintetis. Produk ini, merupakan produk dari Paguyuban Petani Al Barokah yang dibina secara langsung oleh PT. Astra International Tbk, lewat program DSA sejak tahun 2019.

“Desa ini potensinya sangat luar biasa. Di sini ada produk-produk usaha dari para petani dan peternak terutama untuk pertanian organik ada di sini,” kata Riza.

Di momen yang sama, Astra memberikan bantuan sebesar Rp200 juta dan alat digital farming senilai Rp100 juta untuk membantu pengembangan produk dan juga mendorong peningkatan kualitas produk dari DSA Al Barokah.

Baca Juga : MenKopUKM Minta Bank Ubah Cara Pandang Penyaluran Kredit UMKM

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button