Ekonomi

Pelabuhan Patimban Perkuat Logistik Jawa

INDOPOSCO.ID – Keberadaan Pelabuhan Patimban menjadi salah satu alternatif rute bagi jalur angkutan barang yang akan memperkuat sektor logistik di Pulau Jawa, Sumatera serta Kalimantan yang sebelumnya hanya terfokus di lintasan Merak-Bakauheni.

Sejak diresmikan pada tanggal 20 Desember tahun 2020, Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, terus mengalami peningkatan layanan.

“Kami akan terus melakukan upaya optimalisasi di Pelabuhan Patimban,” kata Direktur Kepelabuhanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Subagiyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Saat ini, Pelabuhan tersebut telah melayani pengiriman domestik untuk otomotif ke Batam dan Belawan, dan Long Distance Ferry (LDF) dengan rute Patimban–Panjang, Patimban–Pontianak, dan sebaliknya.

“Saat ini pengiriman otomotif di Pelabuhan Patimban baru domestik saja dan dilayani oleh 5 operator kapal. Ditargetkan awal Desember 2021 akan mulai melayani ekspor otomotif ke Timur Tengah,” kata dia, seperti dikutip Antara.

Subagiyo menjelaskan tujuan utama pembangunan Pelabuhan Patimban dimaksudkan meningkatkan kinerja ekspor industri dalam negeri, khususnya sektor otomotif untuk memudahkan dan meningkatkan pengiriman mobil dalam bentuk jadi dari industri di sekitar Karawang lebih efisien baik untuk ke pasar ekspor maupun dalam negeri.

Pelabuhan Patimban berada di wilayah strategis dan dekat dengan pusat sektor otomotif nasional, serta kapasitas terminal Pelabuhan Patimban di Fase 1-1 mencapai 218.000 CBU per tahun dan 250.000 TEUs per tahun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button