Ekonomi

Digitalisasi Sektor Pangan Penting Turunkan Biaya Produksi

INDOPOSCO.ID – PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sebagai calon induk Holding BUMN Pangan mengungkapkan digitalisasi di sektor pangan sangat penting dalam menekan biaya produksi.

Komisaris Independen PT RNI Marsudi Wahyu Kisworo menyampaikan pangan itu syaratnya pangan itu harus murah, terjangkau, namun produksinya juga harus efisien.

“Maka dari itu cara kita untuk meningkatkan agar pangan menjadi terjangkau, satu-satunya cara adalah menekan biaya produksi atau cost dan menekan ongkos produksi adalah salah satu kehebatan dari digitalisasi, baik di sektor hulu misalnya ladang dan kebun, kemudian di bagian processing sampai ke distribusi, serta pengolahan hasil akhirnya,” ujar Marsudi dalam diskusi daring Inovasi untuk Pangan Tumbuh Indonesia Tangguh memperingati rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-57 RNI di Jakarta, Selasa (12/10), seperti dikutip dari Antara.

Penerapan teknologi digital, lanjutnya, mulai dari kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), machine learning, dan digitalisasi di semua sektor, maka akan menurunkan biaya dan kala biaya turun maka margin akan mengalami kenaikan.

Ia juga mengatakan berbicara soal rantai pasok maka aliran barang bergerak mulai dari vendor seperti perkebunan, pertanian, peternakan dan pelabuhan (kalau impor), transportasi dan pergudangan sampai dengan ke tangan konsumen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button