Ekonomi

BNI Digitalkan Layanan Kepabeanan, Cukai dan Ekosistem Logistik Nasional

INDOPOSCO.ID – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyediakan layanan perbankan untuk mendukung penerapan digitalisasi kepabeanan di Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan. Layanan tersebut turut mendukung implementasi Ekosistem Logistik Nasional (NLE).

Kini Ditjen Bea dan Cukai dapat memanfaatkan layanan perbankan BNI untuk memfasilitasi transaksi pembayaran penerimaan negara terkait kepabeanan dan cukai secara elektronik.

Kerja sama ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait pertukaran data billing. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi eksportir dan importir dalam melakukan pembayaran banyak billing secara langsung, dimana sebelumnya pembayaran tagihan dilakukan satu per satu.

BNI dan Dirjen Bea dan Cukai juga menandatangani PKS NLE. Lewat kesepakatan ini, BNI resmi menjadi bank mitra NLE dalam menyediakan payment gateway bagi seluruh pengguna layanan NLE.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) secara virtual antara Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dan Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan, Askolani di Jakarta pada Senin (11/10/2021).

Royke Tumilaar mengatakan, melalui penandatanganan kedua Perjanjian Kerja Sama ini, BNI berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan layanan Kepabeanan, Cukai dan Ekosistem Logistik Nasional melalui simplifikasi dan digitalisasi pembayaran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button