Ekonomi

Bea Cukai Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional Lewat Fasilitasi Ekspor dan Penguatan UMKM

INDOPOSCO.ID – Pemberian fasilitas kepabeanan dan perpajakan yang dilakukan pemerintah melalui Bea Cukai memberikan dampak positif terhadap para pelaku usaha dalam negeri.

Salah satu dampak positifnya adalah dengan meningkatkan daya saing produk dalam negeri sehingga dapat diekspor. Kerja sama dalam peningkatan kegiatan ekspor juga terus dilakukan untuk semakin meningkatkan efektivitas upaya pemerintah dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Sebanyak 14 perusahaan telah menerima fasilitas tempat penimbunan berikat yang diberikan Bea Cukai Wilayah Jawa Tengah dan DIY sepanjang tahun 2021. “Prediksi kami, pemberian fasilitas ini akan terus tumbuh ke depannya. Beberapa perusahaan memilih tempat di Jawa Tengah karena alasan ekonomis yang lebih menguntungkan,” ungkap Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, Muhammad Purwantoro.

Sinergi dengan asosiasi juga dilakukan Bea Cukai untuk mengakomodasi para pelaku usaha dan menjembatani komunikasi.

“Keberadaan pengusaha dalam satu wadah asosiasi merupakan aspek penting bagi Bea Cukai dalam memberikan penilaian atau membangun profil perusahaan. Keberadaan asosiasi ini tentu saja kita harapkan agar pengusaha bisa memberikan jaminan bahwa keberadaan asosiasi ini konstruktif, arahnya positif dan insentif yang diberikan pemerintah tidak salah arah”, ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum APKB, Ade Sudrajat menyampaikan harapannya agar sinergi pemerintah dan pengusaha dapat mendorong tumbuhnya investasi dan ekspor.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi DJP-DJBC dan Pengusaha sehingga menjadi daya dorong yang lebih kuat untuk meningkatkan ekspor dari KB, meningkatkan investasi dan menarik investasi baru”, ujar Ade.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button