Ekonomi

Gibran: Digitalisasi UMKM Sebuah Keniscayaan

 INDOPOSCO.ID – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menyebutkan digitalisasi UMKM pada masa pandemi telah menjadi keniscayaan karena beralih ke teknologi baru merupakan sebuah kewajiban untuk mempertahankan bisnis serta mempercepat proses Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Di tengah pandemi seperti saat ini, kita mau tidak mau mesti go digital. Ini bukan pilihan, ini kewajiban. Jika tidak pasti akan mati,” tutur Gibran saat konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual dan langsung dari Kota Solo seperti dikutip Antara pada Kamis (30/9).

Dia menjelaskan Kota Solo telah berkomitmen untuk membesarkan serta melindungi sektor UMKM. Untuk itu, Gibran berpesan pengelola e-commerce agar melindungi serta mengutamakan produk-produk UMKM dalam negeri.

“Tadi Pak Wishnutama bilang, produk-produk Indonesia harus diprioritaskan, jangan sampai ada misalnya sajadah, hijab, baju muslim, maupun batik yang dari China,” ucap Gibran.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu juga berpesan supaya agar biaya untuk merchant UMKM tidak terlalu tinggi karena hal itu bisa menyebabkan mereka kesulitan serta tidak bertahan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button