Ekonomi

BI Sebut Perekonomian DIY Bergerak Positif

INDOPOSCO.ID – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut perekonomian di daerah ini mulai bergerak positif ditandai dengan peningkatan laju inflasi pada Agustus 2021.

“Kenaikan inflasi di tengah masa pandemi yang relatif terjaga ini menjadi indikasi positif bagi perekonomian DIY yang terus menunjukkan peningkatan,” kata Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY Miyono seperti dikutip Antara, Kamis (2/9/2021).

Menurut Miyono, perbaikan perekonomian di DIY juga dipengaruhi semakin membaiknya aspek kesehatan setelah PPKM diberlakukan. “Konsumsi masyarakat yang cenderung meningkat sehingga pada Agustus 2021 mengalami peningkatan inflasi,” kata dia.

Miyono menyebutkan secara bulanan, rata-rata harga di DIY tercatat naik 0,04 persen (month to month/ mtm) dan secara tahunan 1,78 persen (year on year/ yoy).

Dengan demikian, inflasi secara akumulasi hingga Agustus 2021 mencapai 1, 05 persen (year to date/ ytd) yang merupakan tertinggi kedua di Jawa setelah Provinsi Jawa Timur yang mencapai 1, 33 persen. “Kenaikan inflasi tidak terlepas dari perbaikan ekspektasi, yang berdampak pada meningkatnya permintaan masyarakat sebagaimana tercermin dari meningkatnya inflasi inti,” ujar dia.

Perbaikan ekspektasi itu, menurut dia, terkonfirmasi dari hasil Survei Konsumen Bank Indonesia yang mencatatkan kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen dari 77, 3 pada Juli 2021 menjadi 90, 7 pada Agustus 2021.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button