Ekonomi

BPS Catat Inflasi 0,03 Persen pada Agustus 2021

INDOPOSCO.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sebesar 0,03 persen pada Agustus 2021 karena beberapa harga komoditas mengalami kenaikan serta adanya momentum tahun ajaran baru.

“Pada Agustus 2021 terjadi inflasi 0, 03 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,57,” tutur Deputi Bidang Statistik Distribusi serta Jasa BPS Setianto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/9), dikutip dari Antara.

Setianto menjelaskan pendorong inflasi ini di antaranya harga minyak goreng yang naik serta momentum tahun ajaran baru sehingga uang sekolah SD, SMP, serta perguruan tinggi ikut meningkat dengan masing-masing andilnya 0,02 persen.

Beberapa komoditas lain seperti tomat, ikan segar, pepaya, rokok kretek, sewa rumah, serta uang sekolah sekolah menengah atas (SMA), juga mengalami kenaikan dengan masing-masing andilnya sebesar 0,01 persen.

Tidak hanya itu beberapa komoditas yang berkontribusi dalam deflasi di antaranya adalah cabai rawit dengan andil cukup besar yaitu minus 0,05 persen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button