Ekonomi

Tingkatkan Sinergi, Bea Cukai Berupaya Tingkatkan Ekspor di Cirebon dan Maluku

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka menggali dan mendorong potensi ekspor serta meningkatkan sinergi dengan stakeholder di Cirebon dan Maluku, Bea Cukai melakukan berbagai upaya dengan meningkatkan sinergi dan kunjungan.

Bea Cukai Cirebon menyelenggarakan pertemuan dengan perwakilan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Cirebon, Senin (23/8). Tujuan pertemuan ini adalah untuk diskusi terkait upaya guna mendorong peningkatan ekspor dan jumlah eksportir di Kabupaten Cirebon.

Kepala Kantor Bea Cukai Cirebon, Encep Dudi Ginanjar menjelaskan peran Bea Cukai sebagai industrial assistance dan trade facilitator.

“Besar harapan saya pengusaha muda di Kabupaten Cirebon tidak hanya bermain di pasar lokal, namun juga berani memasarkan berbagai produknya ke pasar international, tentu kami siap membantu terkait proses ekspor serta solusi atas kendala terkait ekspor bagi para pengusaha,” imbuh Encep.

Selanjutnya, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Maluku mengadakan Coffee Morning Bincang Ekspor Maluku bersama perwakilan Bank Indonesia di Aula GKN Ambon, pada Jumat (27/8). Kegiatan ini disenggarakan karena banyaknya ketertarikan calon pelaku eksportir untuk menggali informasi mengenai bisnis ekspor. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh stakeholder dari dinas terkait maupun eksportir dan calon eksportir

“Melalui kegiatan ini, kami harap bisa memberikan pemahaman bersama antar instansi pemerintah dan pelaku usaha terkait kebijakan yang ada, supaya ekspor yang selama ini kita impikan bisa terwujud dan para pelaku usaha pun dapat dengan mudah mengatasi kendala yang dihadapi,” tutur Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang.

Dalam kegiatan ini turut hadir tujuh eksportir dan calon eksportir yang masuk dalam asistensi yaitu eksportir Pala yang berhasil ekspor dari Ambon setelah 21 tahun vakum.

“Eksportir dan calon eksportir ini memang spesial dihadirkan untuk didengar kendala-kendala yang dihadapi agar dapat ditemukan solusi pemecahannya serta sukses story ekspor perdana sebagai gambaran keberhasilan ekspor dari Ambon, Maluku,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button