Ekonomi

Ini Kunci Sukses UMKM Masuk Ekosistem Digital

INDOPOSCO.ID – Transformasi digital dapat mendorong pemberdayaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), untuk memperluas potensi pasar dan mengembangkan bisnis secara berkelanjutan.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan, bahwa masih ada pelaku usaha mikro melakukan segalanya secara konvensional. Dari pengemasan hingga mengatarkan produknya.

“UMKM itu banyak yang mikro, semunya dikerjakan sendiri. Karenanya, bukan problem leterasi saja. Tapi problem manpower, karena mereka juga masih kecil, sehingga harus ada efisiensi,” kata Leonard dalam keterangan virtual, Kamia (26/8/2021).

Perkembangan pesat teknologi dan internet mendorong utama sektor bisnis harus melakukan digitalisasi. Meski mampu menjawab semua kebutuhan dan lebih efisien, namun ada hal penting harus diperhatikan UMKM.

Adalah customer service atau pelayanan konsumen, berperan sangat penting dalam suatu usaha atau bisnis. Selain produk yang ditawarkan, konsumen pasti akan menilai cara melayani mereka.

“Digitalisasi walaupun menjadikan lebih efisien, tapi tentunya nomor satu di platform e-commerce paling utama adalah customer servis,” ucap Leonard.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button