Ekonomi

Akademisi IPB: Fakta Food Estate Kalimantan Tengah Berhasil Berproduksi

INDOPOSCO.ID – Akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB), Prima Gandhi menilai program food estate yang menjadi salah satu program utama pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional menuai hasil yang bagus. Menurutnya, tolak ukur yang utama keberhasilan food estate yakni realisasi luas tanam dan panen yang tinggi, meningkatnya produksi, indeks pertanaman dan produktivitas.

“Dari target ditanam 30 ribu hektar, itu sudah ditanam dan dipanen. Hasilnya kisaran 4 ton perhektar,” demikian kata Prima Gandhi di Bogor, Selasa (24/8/2021).

Oleh karena itu, Prima Gandhi menampik adanya pandangan dari pihak tertentu yang menyimpulkan, pelaksanaan food estate khususnya di Kalimantan Tengah yakni Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas mengalami kegagalan.

Menurutnya, keberhasilan produksi dengan hasil tersebut menunjukkan kondisi lahan rawa mineral memenuhi syarat untuk tumbuh, syarat kondisi kualitas air irigasi yang ada juga memenuhi syarat, infrastruktur dan kesiapan petani juga tersedia di lokasi food estate di dua kabupaten tersebut.

Akademisi Ipb: Fakta Food Estate Kalimantan Tengah Berhasil Berproduksi
Akademisi Institut Pertanian Bogor (Ipb), Prima Gandhi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button