Ekonomi

Produk Olahan Bawang Merah Probolinggo Tembus Pasar Jepang

INDOPOSCO.ID – Produk olahan bawang merah yang diproduksi salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur menembus pasar di Jepang selama pandemi Covid-19.

“Pandemi bukan penghalang bagi kami untuk terus berkiprah dalam memajukan usaha, sehingga tidak hanya eksis dalam pasar lokal saja, permintaan pasar ekspor pun harus dipenuhi setiap tahunnya,” kata pemilik UD Dua Putri Solehah, Nurul Khotimah seperti dikutip Antara, Senin (23/8/2021).

Pengusaha produk makanan olahan bawang merah asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo dengan merk dagangnya” Hunay” tersebut setiap tahun memenuhi permintaan pasar ekspor, terutama di Jepang.

“Ekspor telah menjadi target kami sejak awal usaha berjalan, sehingga banyak standar- standar yang sebelumnya harus dipenuhi seperti Good Manufacturing yang mengatur terkait tempat produksi, alur produksi, sanitasi dan sirkulasi, penerangan sampai keamanan produk saat proses produksi,” tuturnya.

Ia mengatakan sebelumnya juga telah mempelajari seluruh prosedur dan regulasi perdagangan ekspor-impor yang didapatnya dari kegiatan trademart.

“Mulai dari bagaimana cara mencari buyer, prosedur dan proses tradingnya sudah cukup paham. Selain itu baru baru ini kami juga menjadi binaan Bank Indonesia dan berhasil menjuarai event bergengsi yakni bootcamp supplier to ekspor,” katanya.

Ia menjelaskan salah satu kegiatannya adalah business matching dengan beberapa negara tujuan ekspor termasuk Thailand, namun belum bisa langsung memesan karena pihaknya belum memiliki dokumen Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) yang menjadi syarat utama perdagangan ekspor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button