Ekonomi

Kunjungi AWR di Kementan, Komisi IV Sebut Keren dan Kagum

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi IV DPR RI, Endang Setyawati Thohari mengaku kagum dengan pemanfaatan teknologi di Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian (Kementan). Pasalnya, melalui AWR monitoring pertanaman dapat dilakukan secara real time dan beresolusi tinggi.

“Saya sangat bangga dengan kiprahnya Kementerian Pertanian. AWR ini keren sekali, apalagi saya alumni dari sini. Hari ini saya bisa melihat data yang disajikan di AWR seperti data produksi, pertanaman real time,” kata Endang saat mengunjungi AWR di Kantor Pusar Kementan, Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Oleh karena itu, Ke depan Endang meminta kemajuan teknologi AWR dengan resolusi tinggi yang sudah ada saat ini dapat dikembangkan lagi untuk memantau semua komoditas potensi lokal. Dengan begitu, baik hulu maupun hilir dapat dicek menggunakan sistem online saat ini.

“Tentu ini juga akan menjadi daya tarik para generasi muda untuk mau terjun dalam dunia pertanian,” tegasnya.

“Tadi juga sempat menyapa para penyuluh dari berbagai daerah salah satunya dari Cianjur. Tentu melalui AWR kita dorong kendala pertanian dilapangan dapat dilaporkan segera ke pusat dan bisa diselesaikan lebih cepat,” pinta Endang.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limp (Mentan SYL) mengatakan sistem AWR sudah dirancang secara multiguna, terutama dalam memantau kondisi pertanian di tingkat Kecamatan dan Desa. Terlebih petani juga tidak perlu membeli alat drone untuk melaporkan sawahnya kepada Kementerian pusat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button