Ekonomi

Harga Minyak Naik Tipis ke Level Tertinggi Dalam Dua Tahun, ini Pemicunya

INDOPOSCO.ID – Harga minyak naik tipis ke level tertinggi dalam lebih dari dua tahun dalam perdagangan yang bergejolak pada akhir transaksi Kamis (Jumat pagi WIB), di tengah optimisme permintaan ekonomi yang kuat setelah klaim pengangguran baru AS turun ke level terendah sejak gelombang pertama Covid-19 di negara itu tahun lalu.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus terkerek 30 sen atau 0,4 persen, menjadi menetap di 72,52 dolar AS per barel, penutupan tertinggi sejak Mei 2019, demikian dikutip dari Antara.

Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juli bertambah 33 sen atau 0,5 persen, menjadi berakhir di 70,29 dolar AS, penutupan tertinggi sejak Oktober 2018.

Pasar terguncang, sempat jatuh setelah laporan media menyatakan Amerika Serikat (AS) mencabut sanksi terhadap pejabat minyak Iran. Departemen Keuangan AS kemudian mengatakan telah menghapus sanksi terhadap tiga mantan pejabat Iran dan dua perusahaan yang sebelumnya terlibat dalam perdagangan produk petrokimia Iran.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa kegiatan itu “rutin” dan tidak terkait dengan pembicaraan dengan Iran mengenai menghidupkan kembali kesepakatan 2015 untuk membatasi pengembangan senjata nuklirnya.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun pekan lalu ke level terendah dalam hampir 15 bulan, sementara harga-harga konsumen meningkat kuat pada Mei karena cengkeraman pandemi pada ekonomi terus mereda.

“Data pengangguran dan tenaga kerja baru-baru ini yang diterbitkan di (Amerika Serikat) adalah tanda positif yang pasti bahwa pemulihan di negara itu semakin cepat,” Louise Dickson, analis di Rystad Energy, mengatakan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button