Ekonomi

Semangat Tinggi Mantri BRI Bangkitkan dan Selamatkan UMKM

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 tidak menghalangi semangat pemasar mikro BRI atau biasa disebut mantri BRI untuk tetap produktif dan terus memberikan dukungan terhadap keberlangsungan pelaku UMKM.

Di tengah segala keterbatasan akibat pandemi, Mantri BRI tetap aktif mendekatkan layanan perbankan kepada masyarakat. Hal ini salah satunya dilakoni oleh Rahmatuna, mantri BRI yang bertugas di Desa Nanga Tepuai, Hulu Gurung, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Sebelum bertugas di Nanga Tepuai, dia sempat menjadi mantri BRI di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, tepatnya di Kecamatan Badau, Kalimantan Barat.

Rahmatuna juga menyebut, dirinya selalu penuh semangat untuk terus turun ke lapangan melakukan pendampingan dan pelayanan terhadap masyarakat. “Di saat pandemi ini, UMKM sangat terdampak sehingga hal tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk ikut berperan menyelamatkan dan membangkitkan kembali usaha mereka,” imbuhnya.

Dalam kesehariannya, Rahmatuna bertugas memastikan kondisi para nasabah BRI yang terdampak pandemi. Sementara itu, dia juga melakukan pendataan mengenai para nasabah dan calon nasabah BRI yang usahanya tidak begitu terdampak penurunan kondisi ekonomi akibat pandemi.

Dia berkata, ada sekitar 30 persen nasabah BRI di Nanga Tepuai yang bisnisnya terdampak pandemi. Mayoritas dari nasabah restrukturisasi adalah para pelaku usaha di bidang perdagangan. Sisanya, mayoritas nasabah dan masyarakat di Nanga Tepuai disebutnya tidak mengalami kondisi negatif pasca Covid-19 melanda dunia. Rahmatuna menduga kondisi ini terjadi karena warga di lokasinya bertugas, banyak yang bergerak di industri pertanian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button