Ekonomi

Bea Cukai Support Sejumlah Perusahaan di Daerah yang Melakukan Ekspor Perdana

INDOPOSCO.ID – PT Selaras Donlim Indonesia, salah satu perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat yang berada di wilayah pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Bogor, mengekspor hasil produksi mereka berupa alat rumah tangga vacuum cleaner pertama kali ke Amerika Serikat.

PT Selaras Donlim Indonesia (PT SDI) yang berdiri sejak tahun 2019 merupakan perusahaan joint venture antara PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (PT SCNP) dan Xinbao Holdings (China) yang bergerak di bidang Industri Plastik dan Peralatan Rumah Tangga. PT SCNP sendiri, telah menjadi partner dari perusahaan elektronik terkemuka yaitu Phillips sejak tahun 1984.

Ekspor perdana ini dilakukan menggunakan 6 High Cube Full Container 40 Feet sebanyak 5.976 unit Vacuum Cleaners dengan nilai barang sejumlah USD 150,000 dan merupakan bagian dari rencana ekspor sepanjang tahun 2021 dengan jumlah 2,2 juta unit dan senilai Rp800 M.

Direktur PT SDI, Sundi menyampaikan apresiasi kepada Bea dan Cukai karena merasa sangat terbantu dengan fasilitas Kawasan Berikat yang diberikan oleh Pemerintah.

“Kami masih ingat pada saat pertama kali mengajukan izin untuk ditetapkan sebagai Kawasan Berikat, prosesnya sangat cepat. Begitu selesai presentasi proses bisnis, langsung saat itu juga izin Kawasan Berikat terbit. Sehingga proses alih produksi dari China ke Indonesia bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Sementara itu Direktur Produksi PT SDI, Shirly Effendy menyampaikan pihaknya ingin ikut membantu pemerintah dalam memulihkan perekonomian Indonesia yang terimbas pandemi Covid-19.

“Masuknya devisa hasil ekspor, bertambahnya lapangan kerja, terjadinya proses transfer teknologi dari negara China ke Indonesia merupakan keuntungan yang kita peroleh dari peluang yang muncul akibat perang dagang Amerika-China,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button