Ekonomi

Digital Advertising adalah Sebuah Revolusi Dalam Dunia Periklanan

INDOPOSCO.ID – Era digital saat ini kian mengubah wajah kehidupan manusia. Berbagai sektor harus menyesuaikan diri dengan laju perkembangan teknologi bila tidak mau tertinggal dan terpuruk. Berbagai inovasi dan cara kreativitas manusia sebagai sumber daya utama pun ikut berkembang, menyelaraskan ritme kehidupan digital. Salah satu konsep pemasaran yang muncul dari adaptasi di era ini adalah digital advertising.

Dari asal katanya, digital advertising dapat didefinisikan sebagai proses memasarkan suatu brand, produk atau layanan dengan menggunakan media digital atau internet. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjangkau target pasar secara lebih cepat dan luas. Karakter saluran internet yang cepat dan terarah membuat komunikasi antara penjual dan pembeli justru semakin efektif dan efisien, seperti melalui browser web, halaman media sosial, blog, aplikasi dan platform lainnya di dunia maya.

Konsep digital advertising adalah sebuah revolusi dalam dunia periklanan. Bila dulu promosi efektif disampaikan dari mulut ke mulut, lalu menggunakan media cetak dan beralih ke media penyiaran, maka media internet dengan konsep digital menawarkan kecepatan dan efektivitas kepada penggunanya. Bayangkan, kurang lebih 4,5 miliar penduduk dunia yang menjadi pengguna aktif internet, kini berpotensi menjadi pasar menjanjikan bagi banyak bisnis.

Berita Terkait

Menurut data dari eMarketer.com, hingga tahun 2018, keadaan industri periklanan digital di Asia Pasifik menempatkan Indonesia sebagai negara dengan total belanja media tertinggi, bahkan melampaui Tiongkok dan Singapura. Keadaan ini diproyeksikan akan terus berkembang dan terbukti pada 2019, pengeluaran Indonesia untuk digital advertising berbasis smartphone mencapai Rp 37 triliun.

Proyeksi ini jelas menarik bagi para pengembang aplikasi digital di Indonesia. Sampai saat ini, mereka menganggap platform digital sebagai opsi terbaik untuk beriklan. Hal ini kemudian menjadi sebuah peluang besar bagi bisnis digital berbasis konten untuk semakin meningkatkan performanya di masa depan.

Salah satu keunggulan konsep digital advertising dibandingkan iklan konvensional terletak media yang menyediakan data pemasaran yang detil, sehingga kegiatan pemasaran pun dapat diimprovisasi setiap saat dengan ketepatan yang presisi dan berdampak besar bagi peningkatan penjualan. Hal ini sangat penting bagi sebuah bisnis, mengingat semakin dinamisnya konsumen seiring perkembangan teknologi yang mereka gunakan.

Walau digital advertising terus berkembang, namun setidaknya terdapat 4 jenis tipe digital advertising yang umum digunakan, yaitu Search Engine Marketing yang menjadikan mesin pencari sebagai media untuk beriklan, contohnya adalah apa yang dilakukan oleh Google dengan adsense-nya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button