Ekonomi

Dukung Penguatan Stok Gula, Pertamina Salurkan Modal Kerja bagi Petani Tebu

INDOPOSCO.ID – PT Pertamina (Persero) menjalin kerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI. Hingga akhir Desember 2020, Pertamina telah menyalurkan modal bergulir sebesar Rp 21,5 miliar kepada 263 kelompok petani tebu di bawah naungan PTPN XI.

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto mengatakan, kerja sama dilakukan untuk memperkuat pasokan tebu guna mendukung penyediaan gula nasional. Hal ini salah satu komitmen Pertamina dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

Kementerian Pertanian (Kementan) memperkirakan produksi gula di tahun 2021 akan meningkat menjadi 2,24 juta ton dengan asumsi kenaikan 5 persen dari produksi tahun 2020. “Pertamina akan ikut ambil bagian untuk mendukung tercapainya kesuksesan tersebut dengan membantu para petani tebunya,” jelas Agus Suprijanto dalam keterangan pers, Rabu (3/2/2021).

Potensi Jawa Timur sebagai penghasil tebu terbesar di Indonesia. Ratusan petani tebu penerima modal kerja tersebar di beberapa wilayah di Jawa Timur. Di antaranya Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Jember, Ngawi, Pasuruan, dan Madiun. “Luas lahan kebun tebu yang diolah mitra binaan ini yakni lebih dari 1.501 Ha,” tuturnya.

Agus mengungkapkan, manfaat banyak dirasakan petani tebu dengan penyaluran dana sinergi BUMN ini. Seperti, kebutuhan dana untuk biaya garap, pupuk, perawatan, dan biaya tebang muat dan angkut terpenuhi dengan bunga rendah dan tepat waktu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button