• Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
indoposco.id
No Result
Lihat Semua
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Nasional

Kemenpar Apresiasi Kolaborasi Mitra Industri pada Wonderful Indonesia Award 2025

Nelly Marinda Situmorang Editor Nelly Marinda Situmorang
Selasa, 9 Desember 2025 - 22:09
in Nasional
WhatsApp Image 2025-12-09 at 20.06.577

Deputi Bidang Pemasaran Kemenpar, Ni Made Ayu Marthini (kiri)/istimewa

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengapresiasi kolaborasi mitra industri dalam mendorong pertumbuhan sektor pariwisata melalui Penganugerahan Wonderful Indonesia Award (WIA) 2025.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenpar, Ni Made Ayu Marthini, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (9/12/2025), menjelaskan WIA 2025 menjadi momentum bagi pemerintah untuk memberikan penghargaan kepada para mitra dan stakeholder yang secara konsisten berkontribusi memperkuat pariwisata Indonesia melalui kolaborasi strategis dan berkelanjutan.

BacaJuga:

Tingkatkan Akses di Perguruan Tinggi, Kemendiktisaintek Luncurkan Cetak Biru Inklusi Disabilitas

Kemenpar-SECO Rampungkan Dua Program Penguatan Kapasitas SDM Pariwisata

Bertemu Nelayan Pantura, Menteri Trenggono Pastikan Kebijakan KKP untuk Kesejahteraan

Salah satu program yang turut berperan dalam ajang penghargaan ini adalah Co-Branding Wonderful Indonesia, sebuah bentuk kerja sama strategis yang mengedepankan pertukaran nilai (barter value) antara Kementerian Pariwisata dengan para mitra. Skema ini memungkinkan kedua pihak menyelaraskan pesan serta memanfaatkan elemen branding secara terpadu untuk memperluas jangkauan promosi dan meningkatkan kesadaran publik terhadap destinasi pariwisata Indonesia.

“Program ini memayungi dua kategori penghargaan. Pertama, Most Collaborative Co-Brand, bagi mitra co-branding yang aktif berkolaborasi meningkatkan awareness Wonderful Indonesia. Kedua, Tourism Partner of the Year, bagi stakeholder yang menunjukkan kontribusi serta dampak terbaik bagi penguatan pariwisata Indonesia,” kata Ni Made.

Setelah melalui proses kurasi, penilaian dokumen, dan evaluasi aktivitas media sosial, ditetapkan 15 besar mitra untuk masing-masing kategori, yakni Most Collaborative Co-Brand dan Tourism Partner of the Year, yang kemudian melangkah ke tahap presentasi di hadapan dewan juri pada 25 November 2025.

Para nominasi dinilai sebagai mitra yang memiliki komitmen kuat dalam penyelarasan pesan, integrasi elemen branding, serta inovasi bersama yang memberi dampak nyata bagi ekosistem pariwisata Indonesia.

Nominasi The Most Collaborative Co-Brand meliputi Grab Indonesia, Oppo Indonesia, Atourin, PT Kreasi Pala Nusantara, dan PT Rumah Atsiri. Sementara nominasi Tourism Partner of the Year terdiri atas tiket.com, PT Amerta Indah Otsuka, Taman Mini Indonesia Indah, PT Acaraki Nusantara Persada, dan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Pada malam penganugerahan WIA 2025, PT Grab Teknologi Indonesia diumumkan sebagai pemenang kategori Most Collaborative Co-Brand, sementara tiket.com meraih penghargaan Tourism Partner of the Year.

“WIA 2025 bukan akhir, melainkan penegasan bahwa kolaborasi mampu menghasilkan inovasi dan dampak yang lebih luas. Para mitra hari ini merepresentasikan praktik terbaik kolaborasi lintas sektor. Kami berharap keberhasilan mereka menjadi inspirasi bagi lebih banyak pihak untuk mendorong ekosistem pariwisata Indonesia agar semakin adaptif dan kompetitif,” ujar Made.

Plt. Deputi Bidang Pengembangan Penyelenggara Kegiatan Kemenpar, Vinsensius Jemadu, menyampaikan pandangan serupa dan menekankan pentingnya kesinambungan kolaborasi lintas sektor.

Penilaian WIA 2025 melibatkan jajaran juri lintas disiplin untuk memastikan objektivitas dan perspektif yang komprehensif. Budi Santoso, Creative Director Matari Advertising, menghadirkan analisis mendalam terkait kreativitas dan efektivitas kampanye co-branding. Dr. Aqsath Rasyid Naradhipa, akademisi SBM ITB sekaligus CEO No Limit dan pengurus PERHUMAS, memberikan pandangan berbasis data melalui big data analytics dan stakeholder relations.

Dari sisi media, Maria Rosari Dwi Putri, Kepala Redaksi Lifestyle LKBN Antara, menilai kualitas eksposur dan konsistensi narasi brand dengan perspektif independensi jurnalistik. Sementara dari internal kementerian, Ni Made Ayu Marthini dan Vinsensius Jemadu memberikan penilaian strategis terkait relevansi kolaborasi dan kontribusinya bagi ekosistem pariwisata. (ney)

Tags: apresiasiKemenparKolaborasiWonderful Indonesia Award 2025
Berita Sebelumnya

Konektivitas Terganggu Akibat Bencana, Telkom Akses Lakukan Recovery Masif di 3 Provinsi

Berita Berikutnya

Bukan Sekadar Pendamping, Ini Alasan Perempuan Desa Jadi Kunci Atasi Stunting

Berita Terkait.

KEMENDIKTI
Nasional

Tingkatkan Akses di Perguruan Tinggi, Kemendiktisaintek Luncurkan Cetak Biru Inklusi Disabilitas

Rabu, 17 Desember 2025 - 19:17
pariwisata
Nasional

Kemenpar-SECO Rampungkan Dua Program Penguatan Kapasitas SDM Pariwisata

Rabu, 17 Desember 2025 - 19:07
wahyu-sakti
Nasional

Bertemu Nelayan Pantura, Menteri Trenggono Pastikan Kebijakan KKP untuk Kesejahteraan

Rabu, 17 Desember 2025 - 17:21
yusril
Nasional

Yusril Sebut Nasib Perpol Jabatan Sipil bagi Polri Akan Diserahkan ke Presiden

Rabu, 17 Desember 2025 - 17:07
wamen-p2mi
Nasional

Perluas Pasar Eropa, KemenP2MI Lirik Peluang Kerja di Bosnia dan Herzegovina

Rabu, 17 Desember 2025 - 16:28
migas
Nasional

Defisit Energi Membesar, Pemerintah Siapkan Jurus Teknologi dan Insentif Migas

Rabu, 17 Desember 2025 - 16:06
Berita Berikutnya
Bukan Sekadar Pendamping, Ini Alasan Perempuan Desa Jadi Kunci Atasi Stunting

Bukan Sekadar Pendamping, Ini Alasan Perempuan Desa Jadi Kunci Atasi Stunting

  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.